Matakuliah Ilmu Gizi

Hei heeiiii kalian yang masuk ke postingan ini pasti anak-anak SMA kelas XII yang pengen masuk gizi atau orang yang kepo banget tentang jurusan Gizi hayu ngaku! okedeh biar gak lama lama langsung aja nih aku jelasin tentang apa aja sih yang kamu pelajari kalo kuliah di jurusan gizi wkwk BTW yang aku jelasin disini matakuliah populer aja yaa soalnya gamungkin kalo aku jelasin semua matakuliahnya yang kurang lebih totalnya sekitar 64 matakuliah dari awal masuk sampe visuda dan bakal variatif buat kampus atau universitas berbeda tapi intinya itu itu juga sih hehe ...


  1. Ilmu Gizi Dasar, mempelajari dasar dasar ilmu gizi mulai dari definisi, makro-mikro nutrien, dst
  2. Gizi Daur, mempelajari Gizi dalam daur kehidupan mulai dari gizi untuk ibu hamil, bayi, anak, remaja, sampe lansia. Dengan catatan semua dalam keadaan sehat atau normal gada penyakit.
  3. Gizi Kodisi Khusus, mirip kayak gizi daur Cuma orang sehat disini ada dalam kondisi tertentu misal gizi untuk anak autis, penderita alergi/hipersensitivitas, militer, awak pesawat, atlet, osteoporosis, defisiensi mikro nutrien, dsb.
  1. Dietetika, mempelajari makanan untuk penyakit tertentu. Misal diet standar buat hipertensi itu rendah natrium, buat penyakit ginjal pembatasan protein, buat penyakit jantung dan dislipidemia pembatasan lemak jenuh, belum kalo ada komplikasi kayak odema , infeksi, sindroma metabolik, gabungan beberapa penyakit. Makanan yang diresepin harus disesuaikan sama jenis penyakit terus kalo dia minum obat perhatikan zat aktif obatnya jangan sampe zat makanan menghambat atau bahkan ngerusak interaksi obat, perhatikan juga efek samping obat apakah bikin mual atau gejala lainnya nanti kita harus ngatur makanannya harus yang kayak gimana dan jarak pemberiannya kapan, dll pokonya ini matakuliah paling menantang tapi asyik disini kita kerasa banget jadi ahli gizi nya wkwk. Intinya bikin asuhan gizi mulai dari assesmen, diagnosa gizi, intervensi, monitoring evaluasi, bikin menu, sampe masak (iya masak di lab cius). Adapun lahan praktek matakuliah ini di Rumah Sakit atau Klinik.
  2. Teknologi pangan, kalo tekpang biasa dia prinsipnya ngolah makanan dari gak bernilai jadi bernilai, yang murah jadi mahal, gaenak jadi enak, dll intinya dari yang biasa aja jadi menguntungkan secara ekonomi, estetik dsb. Kalo tekpang gizi prinsipnya mirip kaya gitu Cuma ada tambahannya yakni tetap terjaga nilai gizinya bahkan harus meningkat setelah makanan tsb dapat perlakuan. Contoh produk yang aku bikin di lab kayak bakso bayam, mie wortel, eskrim ubi ungu, biskuit kacang ijo, kimchi, sosis tempe, kamaboko, marmalade, dll. Ini matakuliah asyik, serius! Lahan praktek matakuliah ini bisa dimana aja, dapur rumah misalnya, kita bisa langsung praktekin sesuatu yang menyenangkan di lab tekpang di dapur rumah kita wkwk.
  1. Biokimia pangan, ini di lab gimana ya jelasinnya pokonya prakteknya tuh analisa zat gizi bahan pangan misal: anthrone buat cek karbohidrat, iodometri buat yodium, kjedal buat protein, pengabuan mineral, dll. Di matakuliah ini kita harus hari hati soalnya bakal banyak ngadepin reagen dan alat alat lab. Buat yang benci kimia lab ini emang neraka tapi kalo kita jalaninya santai ya biasa aja buktinya aku yang benci kimia bisa lulus matakuliah ini kok wkkwk.
  2. Pengawasan mutu pangan dan mikrobiologi, dua matakuliah ini agak nyambung pokonya di mikro kita belajar ngitung bakteri pake spc atau mpn terus belajar mengenal bakteri dan serba serbi tentang bakteri dan organisma mikro yang berhubungan dengan makanan ada disini. Nah kalo di PMP (pengawasan Mutu Pangan) mikrobiologi ini jadi sub nya soalnya salahsatu hal yang mengaruhin kualitas makanan itu cemaran mikroba. Di PMP kita juga diajarin Sistem Quality Assurance, GMP, SSOP, HACCP. Adapun lahan praktek matakuliah ini di industri makanan.
  3. Ilmu Pangan Dasar, mempelajari tentang karakteristik bahan pangan
  4. Anatomi fisiologi dan Patologi, Anatomi mempelajari bagian bagian organ tubuh, fisiologi belajar fungsinya atau cara kerjanya masing masing organ kayak metabolismenya gimana dll, lanjut ke patologi tentang penyakit atau kelainan dari anatomi fisiologi yang gak normal. Nah matakuliah ini jadi matakuliah syarat buat bisa belajar dietetik, jadi kalo kamu mau belajar dietetik harus lulus dulu matakuliah ini soalnya nyambung.
  5. Psikologi dan Ilmu Komunikasi, dua matakuliah ini tujuannya sama yakni buat ngelatih kita interaksi sama klien. Sepele? Nggak lah lumayan susah buat membangun hubungan yang baik sama klien kita harus empati, belajar kepribadian, belajar memahami, cara ngomong, dll aturannya juga dibahas khusus di matakuliah etika profesi
  6. Etika Profesi Gizi, mempelajari kode etik profesi, organisasi profesi, regulasi profesi gizi, sama aturan aturan ahli gizi lainnya.
  7. Ilmu Komputer, mempelajari komputer tapi yang ada hubungannya sama gizi. Contoh ms word belajar bikin mailing list (lupa deh apa namanya), ms publisher bikin brosur penyuluhan gizi, Corel Draw dan Photoshop bikin desain instrumen penyuluhan gizi, SPSS (statistika buat penelitian gizi kok gak belajar full statistika), dan software lainnya (NutriClin, NutriSurvey, EpicInfo, dsb)
  8. Gizi Kulinari, beuh ini matakuliah enak. Kerjanya masakin semua jenis masakan mulai dari masakan tradisional, oriental, sampe kontinental. Di matakuliah ini kamu bakal tau masakan masakan andalah tiap negara kayak kebab, kimchi, steak, macedoine vegetable, macem macem Sallad, makanan india, jepang, thailand, eropa, rusia, dll. Penting kah matakuliah ini? Penting lah kalo kamu kerja di RS internasional atau di luar negeri dan dapet pasien yang gak bisa makan makanan lokal kamu harus muter otak modif makanan negaranya sesuai Diet penyakitnya.
  9. Sosiologi anthropologi Gizi, mempelajari tentang perilaku gizi suatu masyarakat atau individu  yaa gampangnya gitu deh.
  10. Penilaian Status Gizi, mempelajari metoda metoda penilaian status Gizi apakah gizi buruk gizi baik atau gizi lebih. Diantaranya: cara ngitung BMR, ngitung kadar lemak, nyari tinggi badan dari tinggi lutut atau panjang depa, ngitung rasio lingkar pinggang pinggul, ngitung tebal lemak, lingkar lengan atas, dll.
  11. Deteksi dini masalah gizi, mirip mirip Penilaian status gizi sih Cuma ini lebih spesifik. Misalnya cara deteksi dini GAKY pake metoda palpasi, deteksi dini anemia, batas batas nilai lab buat pemeriksaan tertentu, cara deteksi dini kekurangan vitamin A, dll. Buat masalah makro nya kita bisa tau status kerawanan pangan suatu daerah dan bakal banyak data yang dibutuhin salahsatu contohnya ada yang disebut neraca bahan makanan atau Food Balance Sheet, gitu deh pokonya.
  12. Survei Konsumsi Pangan. Mungkin ada yang pernah liat atau pernah denger hal hal berikut: asupan makan kamu Cuma 50%, tingkat konsumsi zat besi daerah X kurang dari AKG, desa Y masyarakatnya kurang konsumsi yodium, ibu hamil Z konsumsi asam folatnya kurang, Asia merupakan kawasan tertinggi konsumsi isoflavon dll. Gimana caranya kita bisa tau hal hal itu? Semuanya dipelajari di mata kuliah ini. Disini diajarin cara ngitung asupan gizi mikro maupun makro suatu negara, populasi, masyarakat suatu daerah, sampe individu.
  13. Interaksi Obat Makanan. Contoh lagi, pernah denger : jangan minum susu abis minum antibiotik, obat ini diminum sebelum/sesudah makan yaa, habis praktikum kimia jangan lupa minum susu, prinsip-prinsip nya dikupas tuntas di matakuliah ini dan matakuliah farmakologi. Di dua matakuliah ini kita belajar zat aktif obat dan interaksinya sama makanan. Penting? Sangat! Fatalnya kalo kita nyepelein matakuliah ini contohnya: seseorang yang stroke meninggal karena obat stroke nya yang harusnya nyembuhin, kenapa? Karena dia makan makanan yang bisa mengubah zat aktif obat ini jadi nyerang tubuh sendiri (disini dia suka makan sayur kol yang zat gizinya bisa ngerusak zat aktif obat stroke) dan masih banyak lagi contohnya. So kalo kalian minum obat hati hati sama makanan yang kalian makan yaaa tanyain ke Dokter atau Ahli Gizi selama minum obat ini kamu gakboleh makan apa aja biar kerja obatnya optimal. Atau kamu liat komposisi obatnya cari zat aktifnya terus search di google tentang zat aktif tsb.
  14. Immunologi, mempelajari sistem kekebalan tubuh. Cukup jelas yaaa asyik kok matakuliahnya
  15. Akuntansi Penyelenggaraan Makana dan Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi. Dua matakuliah ini ngajarin tentang ngelola penyelenggaraan makanan baik di catering, rumah sakit, industri dan institusi lain yang orangnya banyak banget. Diajarin mulai dari costing, ngitung kecukupan gizi, pemilihan bahan, sistem pemesanan, timing pengolahan, pengawasan mutu/kontrol ketika pengolahan, sanitasi makanan pekerja dan ruangan, sampe monitoring evaluasi. Kalo kamu bener bener paham sama matakuliah ini jago lulus lulus kamu bakal sukses buka kafe sehat berbasis diet (misalnya) atau usaha katering atau apapun lah usaha makanan gitu.
  16. PAGT (Proses Asuhan Gizi Terstandar) atau Nutrition Care Proccess. Udah dijelasin di dietetik sebenernya, ini matakuliah yang ngajarin bikin asuhan gizi awalnya kita bakal butuh terminologi dan pakem banget tapi kalo udah lama dan terbiasa kita bisa bikin asuhan gizi like a professional Cuma sampe assesment aja kita udah bisa nebak ni pasien diagnosa gizinya apa dan harus digimanain wkwk. BTW format asuhan gizi itu: Assesment, Diagnosa Gizi, Intervensi Gizi, Monitoring dan Evaluasi.
  1. Surveilans Gizi. Pokonya proses pengumpulan data secara berkala nah data ini dipake buat nentuin kebijakan gizi, perencanaan program gizi, atau advokasi. Gini aja deh misalnya kita ngumpulin data status gizi balita secara berkala terus direkap nih setahun dan ketahuan bahwa data balita gizi kurang di desa X tinggi, selesai. Cara ngumpulin data, ngolah data, sampe pelaporannya dipelajari di matakuliah ini.  nah buat tindak lanjut data ini dipelajari di mata kuliah Perencanaan Program Gizi.
  1. Perencanaan Program Gizi. Pan dari surveilans kita tau desa X balita gizi kurangnya tinggi, di matakuliah ini kita ngerumusin program gizinya misalnya kita bikin penyuluhan, adain Pemberian Makanan Tambahan, atau demo masak murah dan sehat buat ibu ibu balita biar status gizi anaknya meningkat atau kita lapor aja ke dinkes biar dikasih bantuan atau apapun itu. Nah cara kita ngerusmusin program gizi diatas dipelajari di mata kuliah ini.

Komentar