Thailand Trip 2017 : Pattaya

Tempat yang kita kunjungi cuma dua kota aja Bangkok sama Pattaya selama empat hari. Kita berangkat minggu sore dari CGK nyampe DMK kemaleman gitu karena pesawat delay sejam lebihan, kecewa dikit sih karena yang awalnya kita mau mampir ke Catuchak Weekend Market gajadi karena udah tutup. Akhirnya kita ke angkringan gitu buat makan malem. Kita pilih angkringan yang menyediakan makanan halal gitu dan jenis makanannya gak jauh beda sama di Indonesia tapi lebih berbumbu pokoknya khas oriental banget.
Karena aku gak laper jadi aku ke sevel aja jajan ala ala alfamart gitu sekalian ngerecehin duit. Oh iya disini sevel berantakan banget dimana-mana ada jadi gaperlu kuatir kalo tetiba pengen jajanan makanan  instan, isi pulsa atau bahkan sekedar ngerecehin duit. Ngerecehin duit disini maksudnya ketika kamu beli air mineral seliter yang harganya 14 baht pake duit selembar 1000 baht wkwk. Produk yang dijual juga familiar kok ga macem macem malah aku nemuin produk indo kayak sabun asepso sama citra terus rokok gudang garam. Snack halal? Jangankan snack, bodycare/kosmetik halal juga ada. Aku beli sunblock  di sevel merek Snail (aku beli merek ini karena brand ambassadornya artis fav aku – Davika Hoorne) pas nyampe hotel aku tilik tilik ternyata ada logo halalnya. Oh iya selama disini aku tinggal di Vabua Asotel Bangkok di Ladprao Road, Bangkapi – Bangkok.  Tempatnya enak dan traveler-friendly.
Hari kedua diawali dengan sarapan di Vabua Terrace makan nasi goreng karena tinggal itu doang yang available :’( harganya relatif murah buat makanan resto hotel yakni 89 baht sekitar 38K rasanya so so kayak disini Cuma disana lalapan nasgor / acarnya kali ya disebutnya : timun sama daun bawang di kucurin peresan jeruk purut rasanya asem keset pedes gitu sampe kerejepan mataku.Hari kedua kita abisin full di Pattaya. Pertama ke Gems Gallery, kaya tempat workshop pembuatan permata terus ada gallerynya juga dan jual produknya juga, kalo di Indo yang aku tau ada di Bandung namanya Indo Wisata Permata semacam itu lah. Perhiasan yang dijual disini mulai dari 500K sampe 15.000K. Setelah itu kita makan siang di Thai Express - Royal Grand Plaza. Aku makan bakso thai gitu apa ya namanya lupa, persis bakso kayak di rumah tapi lebih lembut dan dibuat dari ayam. Kuahnya yang bikin beda, lebih berbumbu dan kayak ada tambahan daun mint.
Kemudian mampir ke Pattaya City Beach sebentar doang buat foto-foto. Viewnya ala ala dermaga modern apa ya disebutnya wkwk. Jadi perpaduan awan dan lautan biru yang seksi ditambah city view (Cuma beberapa gedung tinggi doang sih) di sebelah kanan dan bukit di sebelah kiri plus kapal-kapal yang markir di tepian dermaga, mantap deh pokoknya. Sayangnya lagi panas panasnya banget, sampe-sampe udah pake sunglasses pun mata aku masih ngedip kalo liat ke atas.Setelah itu kita ke Silverlake Vineyard, kebun anggur seluas 480 hektar! Tempat ini dimiliki oleh Mr. Surachai Tangjaitrong dan istrinya Ms. Supansa Neungpirom yang merupakan artis terkenal Thailand. Apa yang ditawarkan SV? Pemandangan yang indah ala ala kebun anggur eropa dan produk olahan anggur mulai dari jus, roti, selai, dsb. Jus anggurnya tuh wajib banget beli seger dan enak banget Cuma 40 baht sekitar 17K. SV ini selain banyak dikunjungi turis buat foto-foto terutama, juga dipake sebagai lokasi syuting dan foto pre wedding. Selain SV, pasangan Surachai-Supansa juga bikin resor di sebrang SV bergaya eropa juga.
Sebelum ninggalin Pattaya, kita mampir dulu ke Lasser Budha/Buddha Mountain. Sebuah pahatan gambar Buddha yang gede banget (130 x 70 m) di tebing (nyebutnya gunung batuan atau tebing ya wkwk), karena proses pemahatannya pake teknologi lasser maka disebutlah Lasser Budha. Lasser Buddha ini dibuat tahun 1996  untuk merayakan 50 tahun tahta Raja Bhumibol Adulyadej.
Setelah itu, kita mampir masjid gede buat sholat (masih di Pattaya) dan makan malam. Umat muslim disini lumayan banyak kayanya soalnya mesjidnya gede dan aku banyak liat wajah-wajah pendatang yang moslem-look (Arab, India, Malaysia). Kehidupan muslimnya kayak di Indonesia weh dari adzan, solat berjamaah sampe anak-anak kecil yang ngaji ba’da magrib, malah pakeannya lebih islami. Kalo anak ngaji di kita pake baju muslim biasa, di mesjid ini anak-anaknya pake seragam gamis putih. Di van, tour guide lokal kita cerita kalo agama islam udah banyak masuk sini, di Bangkok 10% masyarakatnya muslim, di daerah perbatasan Malaysia malah muslim itu mayoritas dan kebetulan tourguide dan driver van yang bareng kita tiap hari juga muslim. Oh iya mau cerita dikit, jadi tourguide lokal kita itu orang Thailand (namanya juga TG lokal wkwk) tapi ngomong indo nya gila fasih banget dan ngobrol pun bisa gak putus-putus, dan ternyata ibu nya orang madura hihi. Btw disini orang yang bisa ngomong indo juga banyak, karena banyak turis indo dan indo kayaknya potensial banget buat mereka jadi mempelajari bahasa Indonesia cukup banyak diminati. Ditambah banyak orang Indonesia yang kerja di Bangkok dan kebutuhan dosen kampus sana buat ngajar di jurusan Bahasa Indonesia meningkat.
Selanjutnya, kita makan di resto halal tepat didepan masjid. Kita pesen yang buffet dan tiap orang kenanya 200 baht sekitar 80K an. Makanan yang disajiin ada ikan bakar, kangkong (kangkung), omelet, tom yum, ayam goreng, sayur acar kuning, dessertnya mango sticky rice. Mango sticky rice disini kebanyakan (yang aku temukan) disajiinnya : nasi ketan manis + irisan mangga tanpa santan, ada juga kok yang pake santen untuk rasanya sama aja kayak yang aku beli di sekolahan adek aku ketika mango sticky rice ini booming banget di Indonesia. Segitu dulu aja, hari ketiga dan keempat dibuat terpisah wkwk