Diet dalam Menurunkan Berat Badan

Sebagian besar orang nganggep diet itu adalah program penurunan berat badan. Sebelumnya perlu disampaikan diet itu adalah aturan makan yang dibuat sedemikian rupa untuk tujuan kesehatan tertentu. Jadi gini misale X hipertensi berarti X  harus pake diet hipertensi salah satu prinsipnya rendah natrium, beda cerita kalau diabetes ya harus pake diet diabetes yang salah satu prinsipnya pembatasan asupan karbohidrat, dst. Setiap diet prinsipnya beda yak. Adapun  Diet Manajemen BB  bisa tentang cara naikin, nurunin, atau mempertahankan berat badan. Nah yang bakal dibahas disini adalah nurunin berat badannya. 

Prinsipnya : dari sisi asupan yakni pengurangan porsi makan, pembatasan asupan lemak dan karbohidrat, peningkatan asupan serat (sayur dan buah), asupan cairan seimbang. Selain itu diet yang sukses juga harus dibarengi modifikasi perilaku diantaranya makan tepat waktu dan meningkatkan aktivitas fisik.

Bohong kalo diet yang sukses cuma masalah pembatasan makanan doang. Terus gimana sama diet-diet penurunan BB yang pakai obat atau herbal atau pembatasan makanan yang stict yang gausah pake olahraga, tapi hasilnya bener kok langsing banget? Untuk saat ini iya, tapi aku gak jamin sama apa yang terjadi di tubuh kamu beberapa tahun mendatang. Obat buat diet biasanya sifatnya laksatif (pokonya bikin sering BAB) atau diuretik (sering bikin BAK) keseringan gak baik buat ususmu kelewatan kamu bisa ketergantungan dan ususmu gamau kerja lagi. Kalo pakai herbal iseng iseng coba cek jurnal penelitian dan lihat dose response nya terbukti gak? Terus dia terdaftar gak?. Baik obat maupun herbal kalau mau konsumsi sesekali gapapa (misal setaun tiga kali) kalo keseringan residu dari produk produk tersebut bisa berakumulasi di ginjal dan pada satu titik ginjalmu udah gakuat buat melakukan fungsinya, habislah. Selain itu semua makanan mampir ke hati, kalau ada residu yang toksik gimana? Hati kamu kecil banget loh buat fungsinya yang banyak ya buat nyaring racun, metabolisme makronutrien, fungsi glikogenik, pembentukan ureum, kerja atas lemak, dan beberapa fungsi yang berkaitan dengan isi normal darah. Keseringan diracunin sama kamu bisa bisa sirosis terus ensefalopati (end stage nya penyakit hati, kritis, tinggal nunggu umur). Adapun pembatasan makanan yang stict macem Atkins Diet terus OCD dan fad diet lainnya (diet penurunan BB yang dilarang) itu gabaik buat organ tubuhmu. FYI atkins diet itu yang ngebatasin jenis makanan secara bertahap mulai dari ngurangin karbohidrat sampe di tahap akhir seharian asupan kamu Cuma protein atau sayur doang. Buat atkins dia bisa memengaruhi status asam-basa tubuhmu singkatnya tubuhmu bisa kena penyakit penyakit asidosis (keasaman) atau alkaliosis (kebasaan). Kalo OCD jelas banget dia melarang sarapan dan makan Cuma di jam jam tertentu. Bayangin ketika tubuhmu biasa memproses 2000 kalori tiba tiba dengan dibatesin kaya gitu otomatis asupan mu misal jadi 1000 kalori, kaget gak jantung lambung, ginjal dkk? Kamu bisa hipoglikemi awalnya terus makan siang tiba tiba jadi hiperglikemi, apa gak pusing insulin mu? Lama-lama dia jadi resisten, kalo udah diabetes siapa yang ribet? FYI semua asupan karbohidrat yang tiba-tiba bisa menaik turunkan gula darah tiba-tiba pula, maka makanlah bertahap dari sarapan, selingan, makan siang, selingan, dst biar gula darahmu stabil ya. Terus dengan diet seperti itu kamu bakal semangat sampe tubuhmu ideal, setelah tubuhmu ideal teori menyatakan kamu bakal balik lagi ke pola makanmu dulu sebelum diet bahkan bisa lebih banyak dan terulang lagi (Yoyo effect).

Masih gak percaya sama yang aku bahas diatas? Hello Rumah Sakit gak pernah sepi dari pasien-pasien dengan penyakit degeneratif kayak begitu. Kamu datengin aja deh bangsal-bangsal yang isinya orang yang kena penyakit degeneratif (Penyakit yang berhubungan sama  jantung, ginjal, hati, diabetes, hipertensi, stroke, lebih lengkapnya googling deh) biasanya orang-orang yang udah tua. Kalo kamu tanyain mayoritas mereka adalah orang-orang yang gaya hidupnya ya makan nya atau perilakunya di masa lampau  gateratur dan minum obat sembarangan.  Sekali lagi diingatin gak bakal sekarang, tapi nanti puluhan, belasan atau bahkan beberapa tahun mendatang.

Terus diet sehat yang gimana? Selama makananmu bervariasi, gak ada larangan sarapan, dan ngikutin setiap prinsip  yang diawal aku tulis ditambah emang kamu konsultasi ke ahli gizi (ahli gizi ya, ahli gizi. Soalnya ada beberapa profesi yang mengclaim dirinya jago di bidang diet tapi secara kompetensi itu Cuma ranahnya ahli gizi)itu aman insyaallah. Terus diet penurunan BB yang baik adalah pengurangan porsi secara bertahap dan ketika kamu udah mencapai BB yang ideal kamu bertahan dengan pola makan mu yang terakhir  selain itu kamu juga konsisten sama pola hidup sehatmu (olahraga teratur, no drugs, no alcohol, no sedentary lifestyle) simpelnya selain ngubah berat badanmu diet yang sukse  juga mengubah pola hidupmu. Terakhir selalu jaga kebersihan dan keamanan makanan, selalu perhatikan kadaluwarsa, perubahan penampilan makanan, kebersihan alat dan lingkukan, serta cuci tangan pakai sabun

Komentar