Wisata Alam : Sumber Mata Air Cimincul Subang


Menurut salah satu sumber Cimincul berasal dari kata Cai Muncul (air yang muncul/keluar dengan sendirinya). Wisata alam ini recommended banget buat kamu kamu yang suka sama pemandangan alam pedesaan dan low budget tentunya. Ketika  masuk kamu langsung disuguhi pemandangan sejumlah kolam rendam (mirip kolam renang tapi lebih kecil dan airnya dingin banget lumayan), sumber mata air yang keluar terus terusan dari tanah dan jernih bersih banget, pohon kelapa, hamparan kebun kangkung dan selada, serta pemandangan desa di pegunungan yang asri. Adapun pemandangan yang kurang enak itu masih ada kubangan-kubangan dan pelataran tanah yang bisa becek sewaktu waktu di bagian depan.


Fitur utamanya yakni sumber mata  air yang keluar terus terusan dari dalam tanah dan subhanallah  bersih jernihnya  ngalahin air mineral kemasan! Kita bisa liat langsung gimana air itu keluar tapi gaboleh turun disekitar area ini (areanya ditandain pager merah)  katanya berbahaya dan lumayan gede juga sih airnya. Menurut warga sekitar air yang muncul ini  dipercaya bisa menyembuhkan segala penyakit, hmm aku sih mikirnya ini air langsung dari tanah dan alami banget jadi kandungan mineralnya masih banyak dan masih bener bener bersih jadi emang bagus buat kesehatan beda sama air PDAM yang sumbernya  gak sebagus ini selain itu udah lewat banyak saluran dan kena polutan sana sini (mungkin). Adapun sumber air ini mengairi kolam dan lahan kangkung disekitarnya. Setidaknya ada sejumlah kolam yang bisa dipake rendeman/renang-renangan tingginya mulai dari perut hingga dada orang dewasa yang terbagi di tiga  titik : pas masuk, di sebelah tenggara  dan dibelakangnya (walungan deng inimah tapi bersih juga  kok airnya). Ini kolam kayanya kolam alami modifikasi soalnya cuma dibentengin pinggirnya pake batu besar dan didasarnya masih batu batu. Dari kolam satu ke kolam lainnya dihubungkan oleh  aliran air dan nyatu sama lahan kangkung & selada, di aliran ini dasarnya batu kecil kecil dan lumayan sakit pas  jalan. Tanaman kangkung sama selada disini subur, ijo, utuh (gaada gigital ulat atau cacat) pokonya segerr banget, secara sumber airnya bagus gitu, pokonya kalo kesini harus sekalian beli kangkung dan cobain dimasak dirumah, beda  banget rasanya !. Di arah luar kita bisa nikmatin pemandangan kebun dan gunung khas pedesaan yang asri, yaa walaupun agak gaenak dikit karena pemandangan kubangan dan tanah beceknya wkwk. Udah mulai kebayang? Nah berikut lebih lengkapnya hal-hal yang harus diketahui :

LOKASI
Terletak di desa Pesanggrahan, Kasomalang Kab Subang Jawa Barat. Buat rutenya maaf kalo gabisa ngejelasin sejelas jelasnya hehe :
  1. Dari tol Cipali  keluar di pintu tol  subang  - ikutin arah ke lembang - kalo udah liat polsek  jalancagak/tugu nanas /bunderan belok kiri kaya U turn gitu tapi beda sisi (gangerti nyebutnya gimana) pokonya ke arah kasomalang - kalau udah sampai Kasomalang  tanya tanya aja pesanggrahan dan cimincul kemana hehe
  1. Dari sumedang gatau banget banget sih hmm pokonya ke Tj.Siang terus kasomalang terus tanya tanya aja cimuncul hehe
  1. Dari bandung  - setiabudhi - lembang - ciater - jalancagak, pas bunderan jalan cagak muterin setengan bunderan masuk ke jalan sebelah kanan ke kasomalang - kalau udah sampai Kasomalang kesananya tanya tanya hehe. Atau alternatif lain tapi jelek banget jalannya : dari ciater kalo udah liat CHR pelanin masuk ke desa Palasari patokannya pangkal ojeg deket toko grosir gitu - Citamiang - Cinungku -  Cijambu, disini cirinya jalan nya udah bagus terus tanya tanya aja arah ke cimincul, ada sekitar dua kali belokan lagi ke kanan dua duanya tapi patokannya gajelas/susah digambarin jadi mending nanya aja

HTM dan FASILITAS
HTM per-Juli 2016 Rp. 6000;/orang dan parkir Rp. 3000; (Motor). Tempat parkir cukup luas buat motor kapasitas sekitar 70 motor dan mobil sekitar 30. Disana ada penyewaan ban, kantin makanan harganya gak terlalu mahal, 1 ruang ganti dan toilet baru tiga unit (kalo gaksalah) dengan tarif  Rp. 2000;. Kamu bisa beli sayuran di ladang sekitar sini tinggal bilang langsung ke ibu ibu yang lagi di  ladangnya dan kamu bisa petik sendiri, ga beli banyak? Gapapa kok aku juga beli kangkung Cuma 5000an aja boleeh wkwk.

LAIN LAIN
  1. Kalau kesini enaknya pagi pagi
  1. Kalau banyakan mending bawa bekal dari rumah jadi bisa makan bareng kaya piknikan gitu. Gunakan misting/tumbler, hindari penggunaan kertas, plastik, styrofoam, alat makan sekali pakai buat meminimalisir sampah dan menjaga kebersihan lingkungan
  1. Jangan keramas disembarang tempat sekitar wilayah sumber air plis itu sekelilingnya ladang kangkung dan taneman ijo pikirin nasib tumbuhan dan gaenak diliatnya orang orang bakal mikir "Ni anak disekolahin apa nggak ya sama emaknya"
  1. Hati hati setiap jalan  di aliran air sekitar ladang itu lahan terbuka sewaktu waktu bisa aja ada ular/kalajengking/temen temennya yang iseng lewat dan parahnya kalo keinjak sama kamu.
  1. Niatin kesini untuk mengagumi keindahan alam, refreshing, dan mensyukuri nikmat Allah
  1. Jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, jangan nyampah apalagi ngerusak fasilitas.


Komentar

Posting Komentar