Trik Isi Ulang Tinta Printer HP

Selamat malam semuanya,

Postingan ini aku ketik  tepat setelah aku praktekin semuanya dan ya Allah seneng banget rasanya pengen syukuran tujuhari tujumalam! Aku cerita dulu ya siapa tau kita senasib banget.

Jadi aku pilih printer HP karena murah dan cocok banget buat yang jarang ngeprint kayak aku (awalnya) soalnya katritnya kecil, didalem dan gak gampang kering kan kalo potokopian mah sering ning dipakenya  jadi cocoknya pake printer yang katritnya botolan gitu. Barusan aku cerita pake bahasaku sendiri ya aku anak kesehatan jadi gangerti sama istilah istilah rumitnya per-printer-an. Harga printernya emang murah tapi tintanya malah mahal ternyata, kalo duit kamu banyak tiap tinta habis kamu bisa beli tinta ori yang satu setnya bisa ngabisin duit Rp. 300.000; dan itu Cuma bisa buat ngeprint sekitar 200 lbr. So Sad. Buat orang yang duitnya pas pasan kayak aku ya beli refill yang Rp. 30.000; tapi kendalanya suka macet gitu kalo pake tinta refill-an dan itu membuatku gelisah mengingat aku mahasiswa tingkat akhir yang lagi skripsian dan ngerjain puluhan laporan praktek. So Sad (again). Kalo kalo  udah gak sabar terpaksa aku ganti se katritnnya alias  beli tinta ori nya. FYI buat tinta item 3x refill udah harus ganti katrit, tinta warna Cuma 1x refill dan aku gabisa diem kalo gini terus. Akhirnya sampailah kita di triknya :

  1. Kalo catridge kamu lama dan dirasa kering, suntikin air panas (gausah banyak)  buat ngelunakin busa didalemnya.
  2. Ikuti instruksi pengisian tinta persis seperti yang tercantum di kemasan refill (aku pake Dataprint) as I know semua merek prosedurnya sama aja.
  1. Ngisi tintanya dikit aja  jangan sampe luber, cek bagian bawahnya (tempat tinta keluar) lap pake tissue (kalo meleber) sampe bersih. Pasangin selotip di bekas tempat nyuntiknya biar gak kering.
  1. Masukin tinta ke printer.  Abis ini kebanyakan orang langsung main pake aja dan seringan kalo kaya gini suka macet. Nah, sebelum ngeprint lakuin dulu trik nomer  5 dibawah.
  2. Masuk ke HP Printer Assistant (cari di start) - Maintain your printer - Clean Ink Catridge - Print - (nanti printer bakal ngelakuin test print gitu, sebelumnya siapin kertas cuma selembar kok yang bekas aja). Step ini tuh kayak semacam kalibrasi tinta atau sejenisnya gitu. Thadaa printer siap digunakan yeay
  3. Kalo macet, setelah di Maintain your Printer cobain aja semua opsinya satu satu (Align Ink Catridges, Clean Ink Catridges, Clean Printer) paling kamu Cuma butuh tiga lembar kertas buat test printnya (kertas bekas aja plis).
  4. Kalo masih tetep macet, bisa aja masalah di dalem catridge nya (bongkar dan bersihin busanya) bisa juga masalah di reseptornya (apalah itu lempengan yang ngehubungin katrit sama printer, sori kalo salah ngomong sekali lagi aku mahasiswa kesehatan). Saran terbaik buat masalah ini adalah ganti katrit alias beli tinta ori :').






Udah sih segitu aja semoga bermanfaat :)

Komentar

Posting Komentar