PPAN 2018 JABAR : Seleksi Karantina

Gnite everyone, postingan ini adalah kelanjutan postingan kemaren tentang  seleksi provinsi tahap 1 PPAN Jabar.  Oke langsung aja jeng jeeengg.  FYI total peserta nya 30 orang dan hanya akan diambil 3 orang untuk program exchange ke India, Aussie, sama Jepang. Kok dikit? Iya, biasanya Jawa Barat ngirim minimal 5 orang setiap tahunnya tapi mungkin karena bagi-bagi anggaran sama ASEAN Games jadi ngurang kuotanya, mungkin yaaa. Apa aja yang harus disiapin? Kalo angkatan aku :
  1. Proposal PPA (Post Program Activity) alias bikin skema project yang bakal kamu lakuin setelah program kalo kamu lolos jadi delegasi PPAN
  1. Bahan presentasi PPA
  1. Portofolio kegiatan sosial kamu
  1. Foto close up ukuran 3R
  1. Formulir pendaftaran di seleksi tahap 2
  1. Nyiapin penampilan seni/budaya buat Talent Show
Pada seleksi  karantina atau tahap 3 ini berlangsung selama empat hari tiga malam dengan agenda sbb :

Day 1 : check in jam 13 - 15. Jam 16 acara dibuka sama Ka Dispora, btw kita seleksinya barengan sama KPN (Kapal Pemuda Nusantara) Cuma kepisah ruangan aja. Lanjut, jam 7 mulai uji tulis. Uji tulis disini seputar pengetahuan umum, Jawa Barat, ASEAN dan politik semuanya berbahasa inggris. Selanjutnya penetapan komitmen, disini para peserta disuruh bikin kesepakatan tentang aturan selama seleksi mulai dari ketepatan waktu, penggunaan gadget, perlengkapan/atribut wajib, dsb. Kemudian kita dibagi kelompok buat penampilan seni budaya (Art & Culture Performance) yang bakal ditampilin besoknya. Jadi, beres acara kita langsung ngonsep dan latihan sampe jam 23.00 wkwk.

Day 2 : Focus group discussion, disini kita dibagi 4  kelompok besar  dan rolling sebanyak 2 sesi. Setiap sesi kita dikasih suatu permasalahan kemudian disuruh mecahin masalah  tersebut dan di presentasikan, proses diskusi sampe presentasi semuanya pake bahasa inggris. Individual PPA Presentation atau Presentasi PPA individu yang udah kita buat sebelumnya. Art & Culture Performance bareng grup  hasil latihan semalem wkwk. Kemudian Focus discussion sesi 2, bedanya sama yang pertama kalo ini dalam kelompok besar (seangkatan)  dan masalah yang dikasih berkesinambungan (gak ganti ganti topik). Last kita dibagi kelompok lagi buat bikin PPA tapi group project gitu dan harus di presentasiin hari besoknya. Kalo pas aku kebagian isu waste management, dan program yang  kelompok aku  ambil adalah upaya mengurangi sampah botol plastik dengan bawa tumbler masing-masing.

Day 3 : English Test, disini kita dipanggil berdua berdua buat di tes speaking sama conversation. Individual PPA Interview, kalo kemaren presentasi PPA sekarang saatnya tanya jawab tentang PPA kamu secara mendalam (in english). Deep Interview, ada sejenis psikotes sederhana dan wawancara biasa seputar kepribadian kamu dan tentang program PPAN yang bakal kamu ikutin, sesi ini pake bahasa Indonesia. Talent Show, penampilan seni budaya individu yang udah kamu siapin dari sebelum seleksi. Group PPA Presentation, presentasi tentang project yang udah kelompok kita  diskusiin hari kemarin. Last kita disuruh bikin penampilan angkatan yang harus ditampilin besoknya. Of course beres agenda langsung latian deh sampe jam 23.30 wkwk.

Day 4 : Penampilan angkatan  dan pengumuman. THE END :)


Kesan pesannya? Wagelaseh ini super berfaedah banget yaa kegiatannya walaupun gak menang juga tapi aku nganggep ini lebih dari sekedar kompetisi atau seleksi, ini tentang self development. Intinya dengan gak menangpun sebenernya banyak banget hal yang  kamu dapetin disini. Daripada bayar mahal buat ikutan event self development atau character building mending ikutan seleksinya PPAN aja gratis haha. Dapet banyak temen, itung itung latian bahasa inggris, melatih jiwa kepemimpinan, meningkatkan kepekaan sosial, meredam emosi, melatih kecepatan berfikir, dll semua ada. Hmm dan sadar gaksih tiap malem kita dikasih project dadakan kek art & cultural performance, group PPA, penampilan angkatan buat ditampilin keesokan harinya? Hal ini ngelatih banget kita buat cepet tanggep, kerjasama tim, dan manajemen waktu yang singkat. Oh iya peserta angkatan aku juga bikin grup WhatsApp gitu jadi selepas acara masih tetep terhubung dan malah udah bikin rencana reuni (bukber deng wkwk). Selama seleksi kita udah kayak keluarga soalnya sering ganti kelompok, banyak projek bareng, dan kegiatan lain yang mau gak mau memaksa kita buat kenal dan berinteraksi sama peserta lain jadi suasana individualis kayak seleksi-seleksi biasanya tuh gak ada banget deh. Saranku, ini adalah salahsatu kegiatan yang harus kamu coba sebelum kamu berusia 25 tahun!

Komentar