PPAN 2018 JABAR : Seleksi Provinsi I


Hai, buat kalian pengejar fellowship pasti gak asing sama PPAN aka Pertukaran Pemuda Antar Negara nya Dispora. Tahun ini, PPAN membuka 3 program buat provinsi Jabar : AIYEP (Australia - Indonesia Youth Exchange Program),  SSEAYP (The Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program) dan ASVI (ASEAN Student Visit India). Gak sebanyak taun lalu yang buka sampe 5 program (hiks) katanya karena taun ini anggaran Dispora banyak dipake buat ASEAN Games jadi banyak pemotongan anggaran dan program ini kena imbasnya, katanya ya.

Disini aku mau berbagi tentang proses seleksi tahap 2  tingkat provinsi nya. Sebelum ke  tahap seleksi ini, kamu diminta isi form  dan bikin essay pendek dari beberapa pertanyaan berbahasa inggris kemudian dikumpulin ke Dispora Kabupaten/Kota sesuai KTP kalian untuk di seleksi. Seleksi di Kabupaten/Kota bakal beda beda, ada yang Cuma seleksi berkas ada juga yang pake tes tulis dan atau praktek, singkat cerita kalo kamu beruntung bakal dapet surat rekomendasi  dari Ka Dispora daerah masing-masing yang dimana surat itu jadi tiket masuk seleksi Provinsi. PPAN pasti ada tiap tahun dan kamu bisa ikutan selama umur kamu belum mencapai 25 atau 30 (khusus program SSEAYP) sesuai program apa yang kalian ambil. Lebih lengkapnya kalian bisa stalk IG @pcmi_jabar atau web www.pcmijabar.org biasanya buka bulan maret.

Masuk ke provinsi  ada 3 tes yaitu tes tulis, FGD sama personal interview :
  1. Tes Tulis ada dua sesi. Sesi pertama tentang pengetahuan umum, banyaknya tentang ASEAN sama politik. Sesi kedua tentang kebudayaan indonesia dan unpredictable banget! Ya pokoknya sampe ada ditanyain nama salahsatu gerakan tari gitulah dan aku yang tiap hari taunya kosakata makanan dan dapur ter skak mat sama begituan hehe. FYI semua pertanyaan berbahasa inggris dan tiap taun tema pertanyaannya beda-beda katanya.
  1. Focus Group Discussion. Terdapat dua sesi juga. Jadi nanti kita dibagi kelompok besar, dikasih isu terkini, disuruh bahas bareng bareng dan di presentasiin semua  pake bahasa inggris dan diawasi sama panitia nya, jadi harus aktif disini soalnya setiap gerakan dan ucapan kita dinilai.
  1. Personal Interview. Pas bagian ini sangat santai, soalnya isinya tanya tanya seputar kehidupan pribadi  dan nanyain seputar essay yang kamu bikin di awal. Untuk sesi ini berbahasa Indonesia.


Yee selesai. Jika tahap ini lolos, seleksi selanjutnya adalah  karantina. BTW alur pendaftaran dan proses seleksi ini biasanya beda setiap tahunnya. Jadi postingan ini hanya untuk gambaran bukan untuk acuan yaa takut menyesatkan wkwk. Terakhir pasrah lah, pemberitahuan mendadak bisa datang sewaktu waktu. Kaya saat ini, pas awal ada pengumumannya cewek cowok bisa daftar, tapi tiba tiba pas hari H ada pemberitahuan bahwa Jabar  dapat kuota untuk putra walaupun pihak dispora  bilang "sewaktu waktu bisa jadi ada perubahan lagi, jadi yang putri juga akan kami perhitungkan" , ya tapi kan sewaktu waktu itu kan ga pasti dan aku cukup sering kecewa dengan hal yang tidak pasti wkwk jadi yaaa pasrah aja gitu guys. Semoga membantu :)

Komentar