Serba Serbi Kuliah Gizi


Mungkin banyak dari kalian yang nanya jadi ahli gizi tuh ngapain sih kerjanya? Bukan kalian aja sih aku juga awalnya bingung mau jadi apa nantinya? Gimana masa depannya? Wkwk oke sebelum masuk lebih dalem aku mau curhat nih sedikit yaa. Waktu aku SMA pikiran aku ya sama kayak yang lain mengidolakan profesi yang udah populer kayak dokter, desainer, programmer, teknik, dll dan memandang sebelah mata profesi yang kurang populer salah satunya ahli gizi. Aku pernah dengar "Bisa jadi sesuatu yang kamu suka itu gak baik buatmu dan sesuatu yang gak kamu suka justru itu yang terbaik buatmu, Allah mengtahui segala sesuatu sedangkan kamu tidak" dan itu benar. Ke-suudzon-an ku yang salah  terjawab ketika Allah mengantarkanku pada kampus Gizi (jadi gini, orangtuaku Cuma ngizinin aku kuliah di kesehatan dan dari semua jurusan kesehatan yang paling mending yang aku sanggup ya jurusan Gizi. Kalo medis kayak perawat dan dokter aku gaksanggup takut tremor dan berat deh kerjanya, kalo farmasi atau analis aku benci kimia fisikanya wkwk). Setelah aku masuk gizi wiiih ternyata SO FUN bisa dibilang ini jurusan yang diberkahi Allah bhaakkkzz. Gak gizi doang sih ya jurusan lain juga sama kali yaa, yang bikin kita betah di jurusan tuh temen, lingkungan (dosen, lokasi, matakuliah, dll) dan yang paling penting SEHAT, karna syarat orang bahagia itu sehat. Aku jelasin detailnya yaa


         TEMEN
Penghuni kampus gizi dikampus aku mayoritas perempuan, dalam sekelas, jumlah laki laki paling banyak 5 orang bahkan ada kelas yang cowoknya Cuma 1. mereka semua baik, suka menolong, loyal, beuh pokonya mantep.  Hidup kita teratur banget, kuliah full day dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore senin - jumat tiap hari pasti ada tugas dan praktek, apa aja? Nanti aku jelasin dibawah. Kalo libur biasanya kita olahraga ya minimal lari pagi atau senam kecil dikos itu wajip banget. Hampir semua masyarakat gizi sadar banget orang sehat itu harus jaga pola makan, pola hidup (termasuk didalamnya olahraga dan gak ngerokok), dan manajemen stress (rekreasi perlu sesekali). Jadi jangan aneh kalo kamu anak gizi pasti ada temenmu yang ngajakin lari pagi, jalan jalan di car free day, bahkan senam bareng ibu ibu di depan Alf*mart. Serius aku pernah! terus Kita semua sadar masuk bareng harus keluar bareng, jadi kalo kamu nilainya jelek, keliatan lesu, jarang masuk, jangan aneh kalo temen temen kamu tiba tiba care sekedar nyemangatin atau ngehibur bahkan ngajak kerja kelompok atau belajar bareng itu wajar banget terjadi.

LINGKUNGAN KAMPUS
Kebetulan kampusku agak dalem dan jauh dari keramaian kota pokonya adem banget. Lingkungan kampusku ijo banget dan selalu bersih (kampus kesehatan mana yang gak bersih coba wkwk) dosen dan staff gada yang ngerokok pun mahasiswanya (gatau kalo diluar, hmmm paling satu dua orang deh wkwk). Semua mahasiswa pakek seragam jadi semua keliatan sama (gada yang keliatan kaya, miskin, modis, fashionista, dll semua sama calon tenaga kesehatan yang siap melayani masyarakat) terus dandanan anak anak dikampusku bisa dibilang polos ya bukan gabisa dandan ya gada waktu buat dandan mengingat padetnya aktivitas dan kalo dandan berlebihan kayanya gak lazim buat mahasiswa kesehatan, bukannya gak perlu ya sewajarnya aja kalo gak dandan banget pasien bisa kabuuur. Oh iya btw aku ngambil jalur Diploma jadi kesehariannya nampak lebih padet dari yang Sarjana soalnya kita 70% praktek dan 30% teori harus lulus tepat waktu (aku D4 jadi 4 tahun) absen praktik harus 100% dan teori minimal 80%. Tugas akhir harus penelitian yang sifatnya "Operational Research" bisa dibilang Diploma itu siap kerja kayak SMK kalo sarjana kayak SMA gitu mungkin kurang lebih yang aku rasain, dan kebetulan aku kuliah di PTN mantan Ikatan Dinas jadi kurikulum, dosen, dll masih banyak berkaitan sama Kementerian Kesehatan jadi atmosfirnya agak beda sama Jurusan Gizi PTN lain yang katanya lebih menyenangkan, katanya yaaa wkwk tapi aku nyaman kok  disini hehe.

MATA KULIAH
Sebenernya ada puluhan matakuliah yang gamungkin aku jelasin semuanya dan aku bakal dikupas lebih dalam di postingan lain (link nyusul). Paling disini aku sebutin matakuliah yang populer aja macem: Ilmu Gizi Dasar, Gizi Daur, Gizi Kuliner, Dietetika, Biokimia Pangan, Pengawasan Mutu Pangan, Surveilans Gizi, Penilaian Status Gizi, Deteksi Dini Masalah Gizi, Imunologi, Anatomi Fisiologi, Patologi, Sosio Antropologi Gizi, IlmuKesehatan Masyarakat, Ilmu Komputer (Belajar aplikasi kegizian kok), Statistika, Epidemiologi Gizi, Survei Konsumsi Pangan, Perencanaan Program Gizi, Ilmu Komunikasi, Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi, Etika Profesi, Interaksi Obat Makanan, Akuntansi. Masih banyak sih sebenernya rata rata satu semester ada sekitar 8 matakuliah kalo dikali 8 semester ada sekitar 64 matakuliah. BTW ada sekitar 20 SKS (Satuan Kredit Semester) per-semesternya nanti kamu ngerti deh kalo kuliah aku bingung jelasinnya. Jadi kalo ditotal dari awal sampe wisuda aku harus nyelesein sekitar 160 SKS dalam sekitar 64 matakuliah gitu yang 160 SKS emang syarat mutlaknya semua kampus yang ngelulusin mahasiswa sarjana atau D4 pasti mereka udah ngasih yang 160 SKS itu. Ada SKS Teori ada SKS Praktek. SKS Teori biasanya belajar dikelas pake metoda CTJ (Ceramah Tanya Jawab) kalo SKS Praktek itu bisa diskusi (presentasi, kasus), praktek di lab (bikin produk, masak, analisa zat gizi, dll), atau praktek lapangan (puskesmas, dinkes/instansi tertentu, rumah sakit, industri dll). Adapun sumber nilai dikampus aku itu ada tugas harian (Log Book, Jurnal Praktikum, Makalah, Laporan Praktikum), UTS, dan UAS nanti semua nilai itu diakumulasiin jadi IP (Indeks Prestasi).

BIAYA KULIAH
Ini bakal variatif buat jurusan Gizi kampus lain. Kalo dikampusku bisa dibilang murah gila, aku gak pake UKT (Uang Kuliah Tunggal) jadi tiap semester beda beda, awal dan akhir (semester 1, 7, 8) sekitar 7 juta karena banyak biaya tambahan, semester sisanya rata rata 3 - 5 Juta. Jadi gini seperti yang aku jelasin sebelumnya aku kuliah di PTN bekas ikatan dinas walaupun udah bukan ikatan dinas kampusku tetap disubsidi sekitar  dari Kementerian Kesehatan jadi biaya kuliah yang dibayarin mahasiswa lebih murah. 

PRAKTEK LAPANGAN DAN PROSPEK KERJA
Dua hal ini nyambung yaa kita PBL (Praktik Belajar Lapangan) itu ngasih gambaran sekaligus ngasah skill kita buat kerja di masa depan (kayak simulasinya gitu). Mungkin aku bakal jelasin dari pembagian prospeknya ya nanti nyambung ke PBL. Jadi gini, lahan kerja ahli Gizi itu : 

Gizi Klinik, identik sama Kuratif yakni pelayanan asuhan gizi buat orang yang kelanjur sakit. Lahan kerjanya di Rumah Sakit dan Klinik biasanya. Kerjanya bikin asuhan gizi buat orang orang sakit dari assesment sampe monitoring evaluasi.

 Gizi Mayarakat, identik sama preventif promotif. Lahan kerjanya bisa di puskesmas, dinas kesehatan,  dan instansi pemerintah atau swasta lainnya yang kerjaannya seputar preventif promotif di bidang Gizi. Kalian ditimbang di posyandu tiap bulan sampe umur 5 tahun?, dapet kapsul vit A 2 kali?, dapet penyuluhan gizi?, pernah dapet PMT?, punya KMS?, pernah liat Grafik Pertumbuhan Balita di puskesmas? Tau Angka Kecukupan Gizi? 4 Sehat 5 Sempurna? Pedoman Gizi Seimbang? Diversifikasi Pangan? Itu semua Cuma setitik dari total program Gizi yang dibikin Ahli Gizi. 

Gizi Institusi, disini kita ngurusin berbagai macam penyelenggaraan makanan mulai dari katering di Industri, penerbangan, pelabuhan, pabrik, rumah sakit, Militer,  dll. Kedengerannya sepele banget ya tapi Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi itu lumayan rumit. Kita bertanggung jawab mulai dari costing, milih menu, nyari vendor, pengolahan, keamanan pangan, dll. Selain itu kebutuhan gizi masing masing orang beda. Kebutuhan gizi orang yang kerja di ruangan penuh radiasi beda sama bos yang diruang ber-AC. Gizi awak pesawat harus tinggi vitamin A, rendah serat dan zat flatulens, tinggi vitamin C. Orang yang kerja di ruangan yang suhunya beda beberapa deraja celcius dari suhu ruang kebutuhan gizinya ningkat sekian persen. Orang yang kerja di tekanan dan radiasi tinggi butuh tambahan protein. Gizi tenaga kerja wanita usia produktif butuh lebih banyak zat besi. Katering untuk autis harus non gluten, non yeast?. Dan masih banyak lagi aturan sesuai kondisi khusus orang orang dan Cuma kita yang bisa analisis harus gimana nih makanannya. Lahan kerjanya bisa di ACS (Aero Catering Service), pelabuhan, dan instansi lain yang ada katering makanan nya.

Pengusaha, berbekal ilmu yang udah diajarkan kita bisa buka kafe berbasis diet, rumah makan sehat, atau bikin produk unik kayak yang udah diajarin misalnya bikin spageti sambel ijo, jus seledri nanas, bakso bayam, sosis tempe. Kita juga bisa jualin produk hasil penelitian misalnya kita bikin penelitian tentang kacang hijau yang bisa nurunin tekanan darah terus kita bikin jadi brownies kacang hijau, atau kita bikin sulplemen makanan dengan memformulasikan coklat yang di fortifikasi, why not? Kalo kita otaknya udah otak bisnis semua bisa jadi peluang. 

Industri makanan, di Industri makanan kita bisa jadi tim Penjamin Mutu atau Quality Assurance ruang lingkup kerjanya paling SSOP, GMP, HACCP terus enaknya ahli gizi suka dijadiin panelis loh alias yang coba coba makanan wkwk enak kan? 

Buka praktik sendiri, ini khusus buat ahli gizi yang udah punya surat izin praktik alias Registered Dietition. Jadi abis lulus kita harus "sekolah profesi" lagi bingung jelasinnya pokoknya ahli gizi itu ada Nutritionist ada dietition ada yang technical, expert, advance, dll nah yang boleh buka praktik itu yang udah Registered Dietition. Kalo baru technical Nutritionist bolehnya kerja di instansi. Regulasinya diatur sama PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi Indonesia)

Lain lain, maksudnya masih banyak peluang ahli gizi yang gak aku tau dan harus kalian (calon ahli gizi) cari tau kayak kemarin kemarin aku dapet kabar kakak kelasku kerja di stok frozen food, terus ada yang ikutan perwira karir jadi tentara ahli gizi, ngelakuin penelitian bikin ransum tempur buat tentara, jadi dosen, kerja di proyek  penanggulangan bencana ruang lingkupnya Gizi Keadaan Darurat gitu, dll

Gimana gimana? Udah mulai kenal sama Ahli Gizi? Asyik kan? Hehe. Buat kalian apapun jurusannya selain harus tekun di bidangnya masing masing kita tetep mahasiswa yang rutinitasnya bukan Cuma belajar sesuai disiplin ilmu kita. Mahasiswa  juga harus peka sama masyarakat, bisa ngembangin potensi diri, nyiapin masa depan, bahagiain orangtua lah, lulus tepat waktu lah. Buat ngelakuin itu semua aku punya prinsip yang nyaman banget aku jalaninnya yakni "Akademis, Aktivis, Hedonis" kenapa religius gak dimasukin? Soalnya semua hal yang berhubungan dengan tuhan, doa, ibadah, dll kita lakuin sepanjang hidup bukan pas jadi mahasiswa aja. Jadi religius itu hal yang otomatis pasti ada di seluruh aspek kehidupan. Selengkapnya tentang "Akademis, Aktivis, Hedonis" bisa kamu baca di postingan aku yang lain. Mohon maaf bila ada kesalahan saat penulisan, kurang lebihnya bisa sharing di kolom komentar yaaa :)
 
 

Komentar

  1. Kak mau tanya apa sih gaenak ya kuliah di jurusan ahli gizi?

    BalasHapus
  2. Nggk enak nya tu pas ngerjain tugas tpi temennlu nggk mau bntuin

    BalasHapus

Posting Komentar