FYI : Enumerator PSG 2017

Hai, seperti yang udah dijanjikan di postingan sebelumnya dan menjawab ke-kepoan orang-orang yang nanya "Enum PSG ngapain sih? Enak ga? Duitnya gede ga?" elah duit, kali ini aku bakal berbagi pengalaman aku jadi enumerator PSG  selama sebulan yeay. Semoga bisa jadi referensi buat kalian-kalian yang bakal jadi enumerator riset, surveilans, atau pendataan  khususnya di bidang gizi.
Oke lanjut. Enumerator itu apa sih? Singkatnya dia itu semacam pengumpul data atau  tenaga teknis lapangan suatu proyek entah itu riset, survey, observasi atau apapun. PSG itu singkatan dari Pemantauan Status Gizi. Sebenernya PSG sendiri udah ada di program puskesmas yaitu pada bulan penimbangan balita setiap bulan agustus, bedanya kalo PSG yang kita lakuin itu lebih kompleks dan datanya valid/bisa dipake karena si pengambil datanya adalah orang-orang yang kompeten di bidang gizi. Survey PSG ini adalah proyek tahunan Kementerian Kesehatan sehingga anggaran penuh ditanggung pemerintah (yaiyalah yakali kaga) Got it? Wkwk sori kalo berbelit belit aku emang ga bakat ngajar ini. Oke lanjut aja deh ya :

Syarat : tentunya ini  Cuma buat jurusan Gizi dan minimal harus udah dinyatakan lulus dan udah yudisium. Terbuka  juga buat ahli gizi yang lagi gak terikat kontrak sama kerjaan atau dapet izin dari tempat kerjanya. Biasanya mulai sekitar  Juli/Agustusan. Kemarin aku mulai 4  Agustus kelar 7 September.

Rekrutmen : Tahap pertama pemberkasan (kalo di Poltekkes udah diurus sama jurusan, kita tinggal bilang aja mau ikut apa nggak). Tahap dua ada tes tulis, wawancara sama praktek biasanya berlokasi di Poltekkes Kemenkes yang ada di provinsi masing-masing. Misal buat PSG Jabar berarti di Poltekkes Kemenkes Bandung,  PSG Jateng di Poltekkes Kemenkes Semarang,  PSG Jakarta di Poltekkes Kemenkes Jakarta, dst. Kalo lulus lanjut tahap tiga : diklat, diklat nya cepet sih Cuma tiga hari isinya review materi yang berhubungan sama PSG  selama kuliah. Gampang lah nginget-nginget lagi materi : Survey konsumsi pangan, PSG, PKG, Recall 24H, Ilmu komunikasi, estimasi berat makanan, pengukuran anthropometri, dsb. Hari terakhir diklat ada simulasi, jadi kita turun ke masyarakat sekitar tempat pelatihan. Tahun aku 2017 diklatnya di Grand Mercure Setiabudhi simulasinya di wilayah Puskesmas Ledeng/Isola gitu apa ya lupa pokonya deket sana.

Penempatan : Kalo tahun aku penempatan gaboleh sesuai domisili. Alasannya biar dapet uang transport sama penginapan, lumayan tauk. Di KTP aku domisili Subang jadi udah tau aku gamungkin ditempatin di Subang. Dimana cik? Jeng jeeeng aku ditempatin di Bekasi, tempat yang belum pernah aku kunjungi (seringan Cuma lewat doang) wkwk asik juga sih jadi tau banyak tempat ye ga?

Ngapain aja si :  sebelumnya aku jelasin dulu, satu tim besar penempatan  terdiri dari 6 orang dari 6 orang itu dibagi 2 tim kecil. Satu tim kecil terdiri dari 3 orang kan ya, satu orang jadi ketua tim (supervisor), dua sisanya anggota (enumerator). Kebetulan di PSG  ini aku jadi supervisor tim 2 Kab. Bekasi. Eh iya lupa aku di kabupaten ya  bukan kota. Soalnya ada beda, kabupaten dikasih 30 hari kerja sedangkan kota Cuma 25 hari kerja. 

Ngomongin kerjaan mulai dari mana dulu ya wkwk  dari sasaran dulu deh. Sasaran PSG tahun ini ada dua : ibu hamil dan keluarga balita. Tugasnya :
Ibu Hamil : pengukuran anthropometri termasuk LLA dan wawancara seputar kehamilan.
Keluarga Balita :
[1] Balita : pengukuran anthropometri, recall, wawancara (PMBA, ASI, dsb)
[2] Ibu Balita/WUS : anthropometri, LLA.
[3] Rematri : anthropometri, LLA, kuesioner Fe rematri.
[4] Anggota keluarga lain : anthropometri
Selama kontrak kita ke lapangan sebanyak 30 klaster/Desa yang udah ditentukan Dinas Kesehatan Kab/Kota masing masing. Artinya setiap hari kita pasti ke lapangan. Kalo aku biasa berangkat  jam 7 pulang jam 2, sore aktivitas normal, malem input data dari kuesioner ke aplikasi.

Kehidupanku di Bekasi : Selama di Bekasi kita ngontrak satu rumah buat 6 orang di Perum Margahayu. Tempatnya enak, akses lancar, deket pasar, deket tol, banyak jajanan, banyak mall wkwk. Kumerasa beruntung sih soalnya temenku yg kebagian di kabupaten/kota kecil fasilitas ginian tuh susah. Palingan keluhan disini tuh panas (gilaaaa), padat dan kumuh di beberapa daerahnya. Enum juga manusia, kalo jenuh banget kita jalan jalan malem ngejajalin mall di Bekasi mulai dari BTC, Blue Plaza, MM, sampe Summarecon wkwk. Sebenernya masih banyak yang mau diceritain tapi nanti deh dibikin postingan baru aja khusus testimoni kali ya.

Honorarium : atau apalah itu pokonya gaji kita selama disini buat ukuran fresh graduate bisa dibilang lebih dari cukup. Ya kalo utuh sampe akhir bisa lah buat jalan jalan ke malaysia, singapore sama thailand wkwk.

Wadaw udah banyak juga yang dibahas, kalo sekiranya kurang puas boleh  deh lanjut komen aja wkwk.

Komentar