Testimoni PSG Jabar 2017

Setelah  kerjaan enum aku tulis di postingan sebelumnya. Postingan ini khusus aku tulis  buat testimoni selama jadi enumerator PSG di Bekasi, apa aja?

Terlalu dadakan
Sebenernya aku udah tau info PSG ini dari pas nyusun skripsi, Cuma perubahan jadwal dadakan pas deket deket hari H gitu loh. Awalnya katanya Juli, eh pas Juli jadinya agustus. Pengumuman seleksi dikasih tau H-7. Durasi sama tanggal kontrak H-beberapa hari pelatihan dan ada perubahan lagi pas diklat.

Riweuh
Walaupun uang transport emang full dikasih, tapi kita disuruh bawa bawa kuesioner sekarung badag (300 kuesioner @7 lembar), 300 paket bahan kontak (@1 handuk+balon+gagangnya buat balita). Setelah pengumpulan data si kuesioner  yang banyak itu kudu dibalikin lagi ke bandung, tapi untungnya si Dinkes di tempat aku the baik mau memfasilitasi buat ngebawain kuesioner ke Bandung wkwk.

Dapet supervisor yang baik banget sekali
Maksud supervisor yang ini adalah tim pendamping dari Dinas Kesehatan setempat. Di daerah penempatan aku, Kab. Bekasi alhamdulillah  petugas gizi Dinas Kesehatannya ada tiga orang : Bu Ola, Bu Merry sama Bu Devi. Bu Ola ini cantik banget dan baik banget yaampun, dan ternyata sebelum kerja di Dinkes si ibu ini dinasnya di RSJ yang di Cisarua-Lembang  dan rumahnya teh di Cibeureum, terus se-almamater gitu (doi gizi angkatan 11, aku 25, beda 14 tahun tapi mukanya masih kek seumuran gitu :') mungkin karena faktor itu  kita jadi gampang deket sama beliau wkwk. Bu Mery juga baek banget, apalagi kalo udah jam makan siang suka ngode ke pegawe puskesmas atau kader "Duh udah siang buk, anak-anak udah harus makan nih keanya". Terus si ibu ini gapernah pulang duluan, Bu Mery  baru pulang kalo kita udah dapet grab/go car (transportasi harian kita selama di Bekasi wkwk). Orangnya supel banget padahal orang batak (yang aku tau rata-rata orang batak tegas dan keras) tapi ibu ini ngga. Bu Mery ini yang aku pikir paling tua ternyata seangkatan sama Bu Ola kalo gasalah, atau malah  adik kelas, Cuma kalo Bu Mery ini dari Poltekkes Jakarta 2. Terakhir ada Bu Devi, ibu ini juga baik tapi kita ga terlalu deket soalnya keadaan bu Devi itu sebagai Ibu hamil dan Menyusui jadi Cuma sebentar kalo supervisi dan gak banyak interaksi. Di keadaan kaya gitu kita maklum banget kalo ibu gasempat basa basi, bercanda atau sekedar nanyain gimana rasanya kita idup di Bekasi wkwk. Buat Bu Devi semoga ASI nya lancar biar tumbuh kembang si kakak optimal dan di dedek dikandungannya juga sehat dan selamat lahirannya ntar :)

Dapet temen sekelompok yang ahsudahlah
Kita berenam itu terdiri dari 4 orang dari Poltekkes Bandung sama 2 Orang dari Poltekkes Tasimalaya. Perbedaan yang mencolok dari dua kampus itu adalah logat ngomong dan bahasa pokonya bodor kalo kita lagi ngobrol seseru-serunya wkwk. Ada Rahma sama Devi yang se-tim sama aku yang kalo ngerjain super gerecep. Ardi ketua tim sebelah yang kalo mutusin sesuatu kebanyakan mikir, mertimbangin ini itu. Juga ada Febri sama Desy yang super santai tapi kebodoran sepanjang hari. Jadi kalo mau marahin mereka karena terlalu nyantai suka gabisa karena kalah sama pengen ngakaknya kalo ketemu mereka wkwk.

Sssst ada sesuatu …
Jadi guys yaampun. Di minggu pertama nempatin kontrakan, sekitar jam 4/5 sorean aku sering ngeliat sosok rambut panjang pake kaos putih gitu di tangga. Posisinya lagi ngeliat kebawah dan mukanya full ketutup rambut. Perawakannya pendek dan jalannya sempoyongan. Kok aku ikut merinding ya pas ngetik wkwk. Padahal di lantai atas itu lagi gaada siapa-siapa. FYI lantai atas itu dihuni sama sepasang suami-istri penunggu rumah, mereka berangkat kerja jam 3 sorean pulang jam 11 malem. Otomatis jam 4-5 gaada siapa-siapa kan diatas? Terus yang aku liat siapa dongs? Awalnya aku nyangkanya mungkin halusinasi karena kecapean abis seharian kerja. Tapi ketika masuk minggu kedua, Febri liat sosok yang sama persis kayak aku. Dari situ aku mulai ngerasa ada yang aneh. Diantara berenam aku emang ngerasa agak mahiwal sih, mandi paling pertama sebelum ada orang bangun sekitar jam 4 subuh (Bekasi panas coy), malem mandi jam 9 kadang sambil nyuci, dan Cuma aku yang berani ke jemuran setiap subuh sama larut malem. Lanjut, keanehan selanjutnya dateng ketika Ardi mandi pertama. Yaampun guys si Ardi itu paling kebluk biasanya bangun jam 6 atau setengah 6, pas dia bangun subuh banget kita tercengang. Ternyata, dia ngerasa ada yang bangunin dia gitu, pas dia bangun langsung gabisa tidur lagi. Kemudian keanehan demi keanehan muncul. Dari situ kita gak tahan dan temenku dapet saran dari dosennya buat mercikin air bekas pencucian beras ke tempat-tempat diduga sumber kemunculan'nya'. Pas kita mau mercikin itu, keburu ditanya sama si teteh penunggu rumah, terus diajak ngobrol gitu. Singkat cerita si teteh itu ngasih tau emang di rumah ini tuh ada 3 penunggu yang udah diketahui keberadaanya. Ada yang diemnya di lantai atas (sepertinya yang suka aku lihat), terus di deket motor suaminya sama dikamar yang di tidurin sama kita kita anak cewek. Terus aku juga pernah tidur di kamar depan sendiri dan aku kena erep-erep gitu. Ternyata bukan di Bekasi aja sih guys, pas aku tanya ke anak yang dines di daerah lain juga ada beberapa yang ngalamin hal semacam gitu. Ada yang dapet kos-kosan baru jadi dan ada hantu  ibu-anak gitu sampe temen aku yg tinggal di hotel dengan cerita kamar misteriusnya.

Ketemu TPG yang macem-macem wkwk

TPG itu  Tenaga Pelaksana Gizi yang ada di Puskesmas yang jadi pendamping kita selama di lapangan. Ada kurang lebih 27 puskesmas yang kita datengin. Sayangnya dari 27 puskesmas itu sekitar 40% TPG nya bukan dipegang sama ahli gizi, tapi sama Bidan/Perawat gitu, dan walaupun 60% sisanya dipegang ahli gizi masih ada beberapa TPG yang berlatar belakang SPAG/D1. Kebayang betapa langka nya ahli gizi di Bekasi wkwk. Di Bekasi aja langka apalagi di Puskesmas daerah terpencil ya? Oke lanjut, TPG yang aku temuin semua baik baik Cuma beda ada pembawaannya. Ada yang bodor, polos, terlalu baik, biasa aja, dll. Beruntung adalah ketika kamu dapet TPG yang mau dampingin sampe pengambilan data selesai, soalnya kadang ada yang Cuma nganterin kita sampe kader terus di lepas gitu aja. Selain TPG, kita juga kadang ketemu sama kepala puskesmas, yang paling berkesan itu pas ke Desa Bahagia. Bahagia banget emang, kepala puskesmasya humble dan ramah. Sebelum balik kita ditawarin main dulu kerumahnya. Di rumahnya dia buka klinik bersalin trs punya banyak peliharaan mulai dari ikan, burung, sampe bebek. Di rumahnya kita makan nasi padang sampe mabok wkwk. Saking humble nya kita sampe gainget kalo doi tuh kepala puskesmas haduuuh. Jadi guys sedikit cerita kehidupan si ibu ini salahsatu #lifegoals gitu. Doi tinggal sama suaminya menikmati masa tua (terlepas dari posisi ibu sebagai kepala puskesmas), anak-anaknya udah nikah dan yang bungsu kuliah (gak serumah). Mereka Cuma berdua di rumah, klinik udah ada yang ngurus. Diluar jam kerja ya mereka Cuma menikmati quality time berdua, ngasih makan ikan lah, jalan-jalan lah, keliling desa lah dst dan gatau kenapa  si raut muka mereka berdua tuh penuh kebahgiaan kaya yang gapernah punya masalah gitu, pokonya favorito.

Komentar