Thailand Trip : Kehidupan Dasar Traveller



Hai kamu, selamat pagi, siang, malam tergantung kamu bacanya kapan dan salam sejahtera buat kita semua. Mari buka postingan yang semoga berfaedah ini dengan Surat Nuh : 19 – 20 yang artinya “dan Allah menciptakan bumi sebagai hamparan agar kamu dapat pergi kian kemari di jalan-jalan yang luas”. Ayat diatas adalah salahsatu ayat yang memotivasi ku buat jalan-jalan (selain karena suntuk bête dan jenuh) hehe.  Akhirnya ya  niatku buat jalan ke thai dari jaman semester 5 kesampeaan jugaaa. Jadi jalan-jalan ini emang udah terencana dari semester 5  sebagai reward atas kuliahku yang sangat amat menjenuhkan selama 4 tahun. As you know kampusku Cuma ngasih libur semesteran paling lama 3 minggu, kuliah senin-jumat fullday, weekend nugas, belum organisasi internal eksternal kampus dan kegiatan komunitas, bisa dibilang aku (mungkin) SANGAT KURANG PIKNIK.



Awalnya sempet hopeless karna tadinya aku mau jalan bertiga sama temen tapi temen-temen aku ternyata pada gabisa gitu di bulan ini sedangkan aku on fire banget ye kan. Tanpa pikir panjang yaudah akhirnya ikut open trip aja da aku ngebet banget :’(. Beruntung aku tumbuh sebagai anak yang cukup mudah beradaptasi karna jaman kecil sering pindah sekolah, nomaden gitu pokonya jadi mau gamau harus ketemu dan terbiasa sama orang baru. Nah di travel agent  opentrip itulah aku nemu temen-temen baru, singkat cerita aku udah menemukan geng gitu berenam yeaa. BTW di postingan ini hanya mengulas secara umum kehidupan dasar seorang traveler selama disana.

 

Itinerary

Hari pertama keberangkatan dari CGK sore nyampe DMK malem, mampir angkringan buat dinner terus check in dan bobo cakep ngumpulin nyawa buat main keesokan hari. Hari kedua full di Pattaya : Gems Gallery, Royal Grand Plaza, Pattaya City Beach, Big Buddha, Silverlake, sama Laser Buddha, malemnya nongkrong di resto hotel buat ngopi sambil menikmati live music gitu biar tau lagu lagu Thailand walopun w kaga ngarti, btw kita nongkrong sampe jam 1.30 karena kebanyakan rumpi  ‘berfaedah’ -__-. Hari ketiga di Bangkok : Bee House (lupa namanya pokonya kaya pabrik madu gitu), MBK/Siam Area, Platinum Fashion Mall, Asiatique River Front, dan Chocolate Ville, malemnya aku teparrr kecuali 4 temen aku pas nyampe hotel langsung nge grab ke Pathong (kalo gasalah namanya) jadi kek tempat hiburan malem terbuka yang cukup vulgar gitu (kalo di thai biasa aja si) Cuma liat liat buat mengobati ke kepoan. Sampe ada bahasa “sayang kalo ke thai gak mampir ke tempat beginian nya”  wkwk. Last day : Check out, Chocolate Gallery, Wat Arun, Wat Pho, JJ Market, Take off dan bye Bangkok :’(. Cerita-cerita detail dari itinerary ini bakal aku bikin di postingan lain soalnya buanyaaq banget yang mau diceritain wkwk.

Komunikasi


Ngabarin keluarga dan komunikasi sesama anggota trip itu penting banget, yang mau dibahas disini adalah komunikasi elektronik. Kalo kamu super ngirit kamu bisa andalin free wifi di bandara dan wifi hotel aja cukup. Pengen modal dikit patungan beli SIM Card sama geng kamu, belinya satu aja ntar tethering aja ramean wkwk. Kalo gamau ribet ya beli SIM Card sendiri atau roaming. Kalo aku, berhubung roaming kartu AX*S itu mahal pake banget  200K-an jadi kuputuskan beli SIM Card lokal DTAC yg tourist SIM di bandara harganya 199 baht / 80K-an udah termasuk paket data 1.5 GB valid for 7 days dan support 4G. Kalo mau lebih murah bisa beli di  sevel aja.


Shalat 5 Waktu


Shalat adalah hal yang paling harus di perhatiin banget sekali kapanpun dimanapun dan bagaimanapun kondisinya. Subuh, Magrib dan Isya aman karena bisa di hotel yg Maghrib-Isya di jamak. Dzuhur ashar? Di jamak juga, untuk tempatnya di masjid, mushola kalo susah nemu paling di kendaraan atau di ruang yang bersih baik terbuka maupun tertutup. Kalo di Pattaya masjid lumayan ada satu dua mah, kalo Bangkok jarang tapi mall gede kayak MBK sama Platinum ada mushola terus di Asiatique ada masjid besar sampe adzan aja kedengeran jelas. Jangan lupa download kompas atau aplikasi penunjuk kiblat kalo sewaktu waktu solat di ruangan antah berantah.
  

Makanan Halal


Sebenernya banyak makanan halal, kalo ragu paling ke angkringan khusus makanan halal, foodcourt mall (cari stand yang ada logo halal nya) atau jajan di swalayan macem sevel cari yang ada label halalnya. Kalo mau jajan streetfood jangan beli yang aneh aneh, beli aja yang wajar macem omelet, rujak, crepes dll takut gatau komposisinya da kalo nanya pun kebanyakan pada gengerti bahasa inggris gitu. Kalopun emang kekeuh, palingan pake bahasa tubuh sebisanya atau pake google translate sama penjualnya. Jadi kamu ngetik gitu pake yang English to Thai (kalo Indo to Thai bisi lebih berantakan frasa nya) terus hasil tulisan thai nya kasih liat ke penjualnya.

Uang

Tukar uang IDR ke THB di Indonesia biar ngga ngeribetin disana walaupun sebenernya di airport atau di th juga bisa. Kemudian mending bawa uang banyak maksudnya lebih baik berlebih daripada ntar kekurangan disana. Aku kan ga biasa pegang uang banyak jadi aku bawa uang sedikit doang da aku orangnya cukup hemat insyaallah cukuplah, orang ke Bali aja dulu bawa duit sejuta balik nyisa 600K wkwk. Nah ketika disana pas hari ketiga duit aku super tipis banget akhirnya dengan terpaksa aku tarik tunai di ATM lokal  dan jeng jeeeng pajaknya gedeee. Pajak dari bank sana 229 Baht sekitar 95K ditambah pajak bank BNI (aku pake BNI) 35K jadi pajak doang nyampe 130K nyesek ga si buang duit segitu Cuma cumaa. Tapi kalo kamu pake CIMB bisa bebas pajak soalnya disana ada ATM CIMB.  

Oleh-oleh

Kalo niatnya buat belanja, Bangkok adalah salahsatu surga nya para Shopaholic, paling bisa bikin laper mata. Selain barangnya bagus, harganya masuk akal asal jangan belanja di siam paragon aja yang kemeja sepotong bisa sampe 1,5 jt -__-. Karena niatku lebih buat jalan-jalan dan refreshing, lagian tas dan uang yang kubawa juga sangat terbatas banget sekali jadi ku Cuma beli sesuatu yang sekiranya gabisa aku dapetin di Indonesia wkwk. Barang-barang biasa yang penting ada tulisan Thailannya (kekeuh) : kaos, gantungan kunci, hiasan meja, hiasan dinding, tote bag, tas serut gambar gajah, liptint, mascara, parfum, sama makanan ringan dari sevel wkwk. Oleh-oleh khas : celana sarong, sabun beras, keripik durian, sama butterfly pea tea. Butterfly pea tea adalah teh dari bunga butterfly pea/bunga telang  warnanya biru kek tinta yang bagus buat kesehatan kulit dan mata. Karena emang habitatnya disini kali ya harganya murah Cuma 40K sebungkus kalo nyari di Indo paling murah bisa 100K. Segitu aja dulu yaa yang detail itinerary nya insyaallah nyusul di postingan berikutnya :)

 
 

Komentar

Posting Komentar